Minggu, 02 Desember 2012

Workshop Kelembagaan Season I



FKIP Unila: DPM FKIP unila menggelar workshop kelembagaan season 1 pada hari Minggu, 2 Desember 2012 di gedung E1 FKIP Unila. Kegiatan yang bertemakan “Revitalisasi Peranan Lembaga Kemahasiswaan Menuju  LK yang Sinergis dan Berkontributif“ merupakan program kerja komisi III dalam upaya penyosialisasian dalam hal Konstitusi KBM Unila, kesekertariatan dan kebendaharaan diikuti oleh 30 peserta.
Fajar Swasono selaku ketua DPM FKIP mengungkapkan, “Workshop kelembagaan merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan sebagai pembelajaran kepada seluruh mahasiswa untuk mengetahui peranan lembaga kemahasiswaan. Dengan mengetahui peranan kelembagaan, maka secara tidak langsung akan berkontribusi dalam upaya mengembalikan kewibawaan keluarga mahasiswa terutama paradigma sebagai sosok aktivis di lembaga kemahasiswaan dimata  mahasiswa”.
Acara workshop kelembagaan ini sangat menarik dan bermanfaat khususnya bagi mahasiswa yang baru mengenal organisasi sementara untuk pengurus LK kegiatan ini dapat menjadi titik tolak perubahan kinerja mereka selama ini. Dalam hal kebendaharaan, seorang bendahara selain harus memiliki SPIK (sistem pengendali internal keuangan), dia juga harus kuat mental, sekaligus memiliki moral dan integritas yang tinggi, karna bagaimanapun juga pekerjaan seorang bisa dikatakan sangat riskan.
Untuk SPIK sendiri yg merupakan satu aturan yang sengaja dibuat oleh bendahara guna memantau sirkulasi aliran dana, keberadaannya harus diketahui oleh sluruh jajaran pimpinan, Agar ada transparasi dari pelaporan keuangan. Pelaporn keuangan setidaknya mencankup: laporan arus kas, laporan utang&piutang, LPJ kegiatan, realisasi dana kgiatan, rencna anggaran proposal, dan kesemua laporan itu mutlak dan harus memiliki bukti transaksi berupa nota,kwitansi dan atau memo benda-benda ini sangat penting sebgai saksi transaksi keuangan demi terwujudnya transparasi keuangan sbuah LK”. Ujar Wiwin pemateri “Keuangan yang juga wakil ketua DPM FKIP Unila saat ini”.
Harapannya seluruh peserta memahami bagaimana kedudukan Lembaga Kemahasiswaan selama ini dengan perealisasian kinerja dahsyat mereka dalam hal kesekretariatan dan kebendaharaan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Home | About Us |Advertise with Us | Admin | Copyright © 2010 - 2012. www.3an-master.blogspot.com - All rights reserved | Proudly Powered by Blogger.com
Website Design by Trian Hermawan | Sponsored by SPACE